Temukan Mindset Tepat Untuk Kesuksesan Bisnis Anda

mindset bisnis online

Ketika melihat banyak orang sukses di bisnis online, orang berbondong bondong  mencoba peruntungan yang sama. Mereka tergiur dengan iming2 dapat income besar perbulan tanpa harus kerja pagi pulang sore, dan tanpa macet di jalan.

Faktanya, begitu mereka masuk kedunia bisnis online nyaris 98% gagal di tahun pertama, bukan mendapat apa yg diharapkan malah dana pun sudah keluar besar akibat dari pundah pindahnya menggarap bisnis online dan ikut kursus ini & itu. Lebih parahnya ada yg sudah 4 tahun berbisnis online Tapi masih belum sukses meraih impiannya.

Apakah Anda termasuk salah satu dari mereka..???

Saya berharap Tidak demikian, Kalo pun anda masih belum merasakan manisnya bisnis online padahal sudah lebih dari satu tahun menerjuninya Jangan Putus Asa, Yakinkan bahwa anda akan meraihnya.

Kegagalan seseorang dalam dunia bisnis berawal dari apa yg disebut Mindset.  Bisnisnya tidak dimulai dengan mindset yg benar. Sebesar apapun semangat seseorg tanpa mindset yg tepat maka akan gulung tikar.

Teman,,

apa mindset bisnis itu??

Mindset = pola fikir/ cara berfikir

Mindset bisnis bisa diartikan cara berfikir seseorg tentang dunia bisnisnya.

Banyak hal yang dapat mempengaruhi terbentuknya mindset atau pola pikir seseorang seperti pendidikan dan pengalaman.

Kebiasaan seseorang yang dilakukan secara berulang-ulang juga dapat mempengaruhi terbentuknya mindset atau pola pikir.

Oleh sebab itu ketika anda berkeinginan untuk memulai bisnis maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menanamkan mindset bisnis yang benar.

Beberapa mindset bisnis yang harus anda miliki

1.  Bisnis Harus berdasar ilmunya

Seorg Muslim pasti pernah banyak mendengar tentang keterangan wajibnya menuntut ilmu baik berupa Firman Allah Swt atau Hadits Rasulullah SAW, diantaraya:

Allah meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu di antara kalian beberapa derajat, dan Dialah yang Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadilah:11)

katakanlah (wahai Muhammad) apakah sama antara orang yang mengetahui dan orang yang tidak mengetahui?” (QS.Az-Zumar: 9).

Man aroda dunya fa’alaihi bil’ilmi, siapa yang menginginkan dunia maka harus dengan ilmu, man arodal akhiroh fa’alaihi bil ‘ilmi, siapa yang menginginkan akhirat maka dengan ilmu, wa man aroda huma fa’alaihi bil ‘ilmi, dan barangsiapa yang ingin kedua-keduanya maka harus dengan ilmu (H.R. Bukhari)”

Sebelum anda melangkah ke dunia usaha (bisnis) online sudah semestinya harus terlebih dahulu mengetahui ilmunya.

Kesuksesan orang di bisnis online pasti tidak terlepas dari ilmu yg mereka terapkan.

2. Berfikir Positif (Positif Thingking)

Berfikir positif disini bisa diartikan cara berfikir dgn baik dalam menjalankan bisnis, tidak tergesa-gesa, mulai dari tahap penentuan objek bisnis yang diambil, proses persiapan berbagai fasilitas yang diperlukan untuk menjalankannya, persiapan lounching, strategi yang akan dijalankan, persiapan mental, dan lain-lainnya

3. Segera Lakukan (Take Action)

 Setelah Ilmu Bisnis anda miliki dan menanamkan jiwa optimis Segera Take Action. Jangan ditunda apalagi sampai menunda-nunda.

“mulainya entar minggu depan, saya lagi males, gak semangat”

Menunda Take Action Berarti Menunda Kesuksesan.

Bukankah Anda ingin cepat sukses & meraih segala yg diimpikan..??

Lakukan Segera.

Tapi bukan berarti Time Is Money. (Jangan ya..)

Time For Ibadah.

Berbisnis itu bisa dapat pahala lho (ibadah).:)

4. Serius & Fokus

Eeiit..

Gimana mau sukses, dikit2 update status, dikit2 tiduran atau malah ngobrol yang gak manfaat, bangun paginya telat lagi.. hehe

Apa anda demikian..??

Saya yakin bukan anda. 🙂

Temen2 Netpreneur..

Keseriusan dalam menjalankan usaha (bisnis online) ialah hal yang sangat perlu anda lakukan tidak boleh berleha2. Anda harus punya tempat utk menyimpan gambar produk, punya jadwal online yg pasti (buka/tutup toko), serius berpromosi, serius dalam menanggapi calon clien (prospek).

Coba anda perhatikan pembisnis Offline di sekitar kota anda yg ada di pusat2 kota dan lainnya seperti toko busana, toko elektronik, jasa, dsb. Mereka punya tempat (toko), punya jadwal yang tentu (buka/tutup) & mereka serius dalam melayani prospek. Itulah bisnis yg serius.  Begitupun dalam bisnis online.

Fokus.

Yang dimaksud focus disini FOKUS pada bisnis anda. Bukan berarti fokus pada satu produk. Sah2 saja anda punya banyak produk untuk dijadikan bisnis (ditawarkan kpd org).

Misalkan:

Anda bisnis busana & Herbal. Nah ketika sudah mendapatkan pelanggan busana maka anda bisa menawarkan dia produk herbal utk kesehatannya. Atau sebaliknya, ketika ada pelanggan herbal maka busana pun bisa anda tawarkan misalkan dengan cara menyelipkan sebuah catatan rekomendasi (tawaran) produk pada paket yg anda kirim kpdnya.

Fokus dalam bisnis juga bukan berarti waktu 24 jam dihabiskan untuk aktivitas bisnis.

Bagi Anda yg baru memulai berbisnis, Setelah anda menunaikan kewajiban kpd Tuhan dan kepada keluarga maka barulah anda focus pd aktivitas bisnis Selama dalam tahap perkembangan dan blm secara otomatis (masih anda sendiri yg melakukannya) tidak punya karyawan.

“Fa idzaa faragta fanshab wa ilaa rabbika fargab”

(maka apabila engkau telah selesai (dari suatu urusan) maka kerjakanlan bersungguh2 urusan yg lain. Dan Hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap).

Hindari melakukan aktivitas yg tidak manfaat.

 5. Komitmen

Komitmen dalam Mindset bisnis online ialah janji kepada diri kita sendiri utk memegang teguh melakukan ikhtiar sekuat tenaga hingga mencapai apa yang dicita2kan.

Agar komitmen anda jelas & terarah diperlukan sebuah konsep target gool anda.

Misalkan:

Langkah Pertama

Tentukan berapa hari anda bisa menyiapkan fasilitas bisnis seperti Produk & Lapak Jualan (bikin website jualan sendiri atau buat akun lapak di marketplace)

Langkah kedua:

Setelah langkah pertama selesai tentukan/targetkan jangkauan promosi anda perhari/perminggunya.

Langkah ketiga

Lakukan langkah kedua diatas secara konsisten atau terus menerus dengan sabar.

6 . Kerja keras, cerdas & Ulet

Tiga nama ini; Elon Musk, Mark Zuckerberg, dan Jack Ma ialah tokoh yg jadi idola banyak orang karena keberhasilannya memadukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan bisnis. Khususnya Mark Zuckerberg yakni seorang programmer computer & pengusaha internet yang terkenal dengan hasil karya fenomenalnya yaitu Facebook yang telah mencapai 1.86 Milyard pengguna (sumber, liputan6.com), Ia telah sukses membangun kerajaan bisnisnya tidak terjadi dalam satu malam, ia memulai ciptakan FB pd tahun 2004, usia fb hingga sekarang (2018) telah mencapai 18 tahun.

Sekali lagi, coba anda tekankan & garis bawahi kalimat ini “Mark Zucker Berg pencipta Facebook yg sangat professional di bidang Program Komputer & Internet kesuksesannya tidak diraih dalam satu malam atau dengan kata lain tidak instan”, tentu hasil dari kerja keras, kecerdasan & keuletan dia.

Sementara, mayoritas pembisnis online pemula suka berharap hasil yg instan, begitu terjun menghayal sebulan bisa sukses. Hehe

7. Sabar

Untuk menggapai Kesuksesan di Bisnis online tidak beda dengan bisnis offline yaitu memerlukan perjuangan panjang, waktu, tenaga & dana, tidak instan.

Mereka yg sukses di bisnis online hingga punya income perbulan puluhan juta, ratusan hingga milyarand rupiah tidak terlepas dari perjuangan panjang yg didasari ilmu2 & kesabran jiwa.

Kenapa..??

Karena dalam setiap langkah manusia akan selalu ada rintangan terutama jika bisnis yg anda rencanakan diniati Ibadah. Yang namanya Ibadah sudah pasti akan ada rintangannya; modal terbatas (bahkan tak punya), banyak prospek yg PHP, sekalipun menguhungi malah rewel & bawel, competitor yang tak beretika, dan lain2nya.

Maksud sabar disini ialah konsisten menjalani rutinitas aktivitas bisnis sesuai konsep yg anda buat (step by step) disertai dengan perbaikan2 dari suatu kegagalan langkah yg telah dilalui hingga mencapai target yg diharapkan.

Demikian artikel tentang Mindset Bisnis.

Semoga bermanfa’at.

Salam sukses 🙂